Apa Itu Barokoli ??

Manfaat Dan Kandungan Brokoli

Kali ini kami akan menginformasikan manfaat dan kandungan dari brokoli :

Brokoli

Obat KistaBrokoli adalah sayuran yang termasuk dalam jenis kubis-kubisan. Brokoli merupakan tanaman yang berasal dari timur tengah dan sudah sejak lama dibudidayakan oleh masyarakat. Manfaat dari brokoli sangat banyak karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi.
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Salah satu manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh adalah mencegah kanker. Selain mengandung vitamin C, sayur brokoli juga mengandung provitamin A atau karotenoid dan asam folat serta vitamin E.

Beberapa Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

1. Mencegah kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin, yang akan di proses tubuh menjadi senyawa anti-kanker, sulforaphane. Senyawa ini berfungsi mengusir bakteri yang ada dalam tubuh, Helicobacter pylori. Sebuah bakteri yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker lambung. Selain itu, brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, yaitu senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker leher rahim (kanker serviks), dan dapat meningkatkan fungsi hati.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat brokoli untuk menjaga kesehatan jantung. Karotenoid lutein yang terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh, sehingga dapat memerangi penyakit jantung dan juga stroke. Vitamin B6 dan asam folat dalam brokoli dapat mengurangi aterosklerosis, radang pada pembuluh darah manusia.

3. Menjaga kesehatan mata

Brokoli juga dapat menjaga kesehatan mata. Brokoli merupakan sumber utama vitamin A yang diperlukan untuk membentuk retina. Selain itu, Karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli bisa mencegah degenerasi makular terkait usia dan katarak, serta memiliki efek anti kanker.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dalam secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan juga selenium merupakan aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

5. Menjaga sistem saraf

Kandungan kalium yang tinggidalam brokoli membantu menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot.

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat brokoli lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

7. Melawan radikal bebas

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C merupakan antihistamin yang efektif untuk meringankan  flu yang menyerang.

Itulah manfaat dan kandungan brokoli untuk kesehatan, semoga informasi ini bisa lebih manfaat untuk anda, Terimakasih atas minat adn kunjungnnya .

Informasi Selengkapnya >>